Rabu, 09 Desember 2015

Bolehkah Mengucapkan TASYMIT kepada Orang Kafir ❓




Bolehkah Mengucapkan TASYMIT kepada Orang Kafir ❓

▫️Tasymit adalah Ucapan Yarhamukallah kepada Orang yang Bersin jika Ia mengucapkan Alhamdulillah

๐Ÿ“œ Al Imam AtTirmidzi dalam Sunannya no.2739 dan juga Al Imam Abu Dawud dalam Sunnannya hadits no.5038 -Rohimahumallah- menyebutkan Sebuah Hadits Abu Bardah dari Ayahnya dengan sanad yang Shohih, Beliau berkata :

ูƒุงู†ุช ุงู„ูŠู‡ูˆุฏ ุชุนุงุทุณ ุนู†ุฏ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุฑุฌุงุก ุฃู† ูŠู‚ูˆู„ ู„ู‡ุง ูŠุฑุญู…ูƒ ุงู„ู„ู‡، ููƒุงู† ูŠู‚ูˆู„ : (ูŠู‡ุฏูŠูƒู… ุงู„ู„ู‡ ูˆ ูŠุตู„ุญ ุจุงู„ูƒู…)

Artinya :
"Pernah seorang Yahudi menyengaja bersin disamping Nabi Shollallahu 'Alaihi wa Sallam dengan harapan agar Nabi (mendoakan) mengucapkan untuknya : Yarhamukallah(semoga Allah merahmatimu), Maka justru Nabi mengucapkan : Yahdikumullah wa Yushlihu Baalakum(semoga Allah memberi Hidayah kepadamu dan memperbaiki Keadaanmu )".

๐Ÿ“ As Syaikh Al 'Allamah Muhammad ibnu Sholih Al 'Utsaimin Rohimahullah didalam Syarhu Riyadhis Sholihin Jilid 2 hal. 606, Beliau menjelaskan :

ูˆ ุฐูƒุฑ ุฃู† ุงู„ูŠู‡ูˆุฏ ูƒุงู†ูˆุง ูŠุชุนุงุทุณูˆู† ุนู†ุฏ ุงู„ู†ุจูŠ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆ ุงู„ุณู„ุงู… - ูŠุนู†ูŠ ูŠุชูƒู„ููˆู† ุงู„ุนุทุงุณ - ู…ู† ุฃุฌู„ ุฃู† ูŠู‚ูˆู„ ู„ู‡ู… : ูŠุฑุญู…ูƒ ุงู„ู„ู‡، ู„ุฃู†ู‡ู… ูŠุนู„ู…ูˆู† ุฃู†ู‡ ู†ุจูŠ ูˆ ุฃู† ุฏุนุงุกู‡ ุจุงู„ุฑุญู…ุฉ ู‚ุฏ ูŠู†ูุนู‡ู… ูˆู„ูƒู†ู‡ ู„ุง ูŠู†ูุนู‡ู… ุฐู„ูƒ، ุจู„ ู„ุง ูŠุญู„ ู„ูƒ ุฃู† ุชุฏุนูˆ ู„ู‡ู… ุจุงู„ุฑุญู…ุฉ ุฅุฐุง ู…ุงุชูˆุง ูˆู„ุง ุจุงู„ู…ุบูุฑุฉ، ู„ู‚ูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ : {ู…ุงูƒุงู† ู„ู„ู†ุจูŠ ูˆุงู„ุฐูŠู† ุกุงู…ู†ูˆุง ุฃู† ูŠุณุชุบูุฑูˆุง ู„ู„ู…ุดุฑูƒูŠู† ูˆู„ูˆ ูƒุงู†ูˆ ุฃูˆู„ูŠ ู‚ุฑุจู‰ ู…ู† ุจุนุฏ ู…ุงุชุจูŠู† ู„ู‡ู… ุฃู†ู‡ู… ุฃุตุญุจ ุงู„ุฌุญูŠู…} ุงู„ุชูˆุจุฉ : ูกูกูฃ

Artinya :
"Disebutkan, bahwa Orang2 Yahudi pernah menyengaja Bersin disamping Nabi Alaihis Sholatu was Salam ~yakni memberat-beratkan diri dalam bersin~ Agar Beliau(Nabi) mengucapkan untuk mereka : Yarhamukallah, karena mereka tahu bahwa Beliau adalah Nabi dan Merekapun tahu bahwa Doa Beliau akan Bermanfaat untuk mereka. Akan tetapi hal itu tidaklah bermanfaat untuk mereka, bahkan TIDAK HALAL BAGI ANDA MENDOAKAN RAHMAT UNTUK MEREKA jika mereka Telah Mati, demikian pula AMPUNAN. Karena Allah Ta'ala berfirman : "Tidaklah Pantas bagi Seorang Nabi dan juga Orang2 Beriman MEMINTAKAN AMPUN UNTUK KAUM MUSYRIKIN dan Sekalipun Mereka adalah KERABAT DEKATNYA setelah Jelas Pada Mereka bahwa Mereka Adalah CALON PENGHUNI NERAKA JAHIM" (QS.AtTaubah : 113)".

❓Mungkin diantara Kita ada yang bertanya-tanya : Bukankah Ayat diatas adalah larangan yang ditujukan bagi Orang Kafir yang JELAS2 TELAH MATI diatas Kekafirannya ???

☝๐Ÿป️Maka Jawabannya adalah Bahwa Nabi ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุณู„ุงู… Beliau secara Prakteknya tidak mendoakan Rahmat kepada Orang Yahudi tersebut saat Mereka masih hidup, sebagaimana dalam Hadits yang disebutkan diatas.

✌๐Ÿป️Yang Kedua, berikut penjelasan As Syaikh Muhammad ibnu Sholih Al 'Utsaimin Rohimahullah terkait Permohonan Ampun Nabi Ibrohim Alaihis Salam kepada Allah untuk Ayahnya yang KAFIR saat ia masih hidup :

ูุฅู† ู‚ูŠู„ : ุฃู„ูŠุณ ุฅุจุฑุงู‡ูŠู… ุงุณุชุบูุฑ ู„ุฃุจูŠู‡، ูˆุฅุจุฑุงู‡ูŠู… ุนู„ู‰ ุงู„ุญู†ูŠููŠุฉ ูˆ ุนู„ู‰ ุงู„ุชูˆุญูŠุฏ ؟
ู‡ุฐุง ุงู„ุฌูˆุงุจ ูŠุชุถุญ ููŠ ู‚ูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ : {ูˆู…ุง ูƒุงู† ุงุณุชุบูุงุฑ ุฅุจุฑู‡ูŠู… ู„ุฃุจูŠู‡ ุฅู„ุง ุนู† ู…ูˆุนุฏุฉ ูˆุนุฏู‡ุง ุฅูŠุงู‡ ูู„ู…ุง ุชุจูŠู† ู„ู‡ ุฃู†ู‡ ุนุฏูˆ ู„ู„ู‡ ุชุจุฑุฃ ู…ู†ู‡ ุฅู† ุฅุจุฑู‡ูŠู… ู„ุฃูˆู‡ ุญู„ูŠู…} ุงู„ุชูˆุจุฉ : ูกูกูค

Artinya :
"Maka jika ada yang mengatakan : Bukankah Ibrohim 'Alaihis Salam pernah memintakan Ampun untuk Ayahnya, dalam keadaan Nabi Ibrohim diatas Agama yang Lurus dan diatas Tauhid ???
"Maka jawaban ini menjadi JELAS dalam Firman Allah Ta'ala : {Dan tidaklah Permohonan Ampun(kepada Allah) dari Ibroim untuk Ayahnya, melainkan Sebuah Janji yang pernah Beliau Janjikan untuk(Ayah)nya. Maka tatkala TELAH JELAS bagi Ibrohim bahwa Ia(Ayahnya) adalah musuh Allah, Beliau(Ibrohim) serta merta BERLEPAS DIRI darinya(Ayahnya dan permintaan Ampun untuknya). Sesungguhnya Ibrohim Lembut hati lagi Penyantun} (QS.AtTaubah : 114)".

      ๐Ÿ“Œ Fawaid yang bisa Kita petik dari penjelasan diatas :
1⃣ Jika ada Orang Kafir bersin kemudian mengucapkan Alhamdulillah, maka Kita jawab : Yahdikumullah wa Yushlihu Bฤlakum

2⃣ Larangan mendoakan Rahmat dan Memintakan Ampun untuk Orang2 Kafir yang masih hidup terlebih lagi jika ia telah mati.
Misal : Allahummarhamhu, Rohimhullah, Yarhamukallah, Allahummaghfir lahu, Ghofarohullah dan yang serupa dengan ini.

3⃣ Sebaliknya, boleh bagi Kita mendoakan Orang2 Kafir yang Masih hidup agar Mereka mendapatkan Hidayah dari Allah.
Misal : Allahu Yahdihi, Hadahullah dan semisalnya.

4⃣ Orang2 Kafir di zaman Nabi Alaihis Sholatu was Salam benar2 MENGENAL  Beliau Sebagai Utusan Allah.
Namun dikarenakan HASAD yang ada pada Mereka lah yang menyebabkan mereka tidak mau Beriman kepada Beliau Shollallahu Alaihi wa Sallam.

5⃣ Betapa Mulianya Akhlaq Nabi Kita Muhammad Shollallahu Alaihi wa Sallam yang begitu besarnya keinginan Beliau agar Ummatnya senantiasa terbimbing diatas Hidayah Allah sekalipun kepada Orang2 Kafir.
Demikian pula Nabi Ibrohim Alaihis Salam, betapa Mulianya Akhlaq Beliau yang Lembut hatinya dan Penyantun.


๐Ÿ“Ž Wallahu A'lam bis Showฤb


๐Ÿ”– Abu Ishฤq Nurhadi AtThubฤny

___________________________________


๐Ÿ“š Bulughul Marom
      Kitabul Jฤmi', Bab "Al Adab"
      Lil Hฤfizh Ibni Hajar Rohimahullah

๐Ÿก Kajian Setiap Selasa Ba'dal Ashar
      Di Kediaman Abu Izzah Riyono
      Montong,Tuban
     (Insyฤ Allah)


__________๐ŸŒด FIAS Thuban ⛵️_________

0 komentar:

Posting Komentar

 
Loading ...