Selasa, 15 Desember 2015

ADAB TERHADAP NIKMAT ALLAH




☝๐ŸปIkhwati Fillah Rohimakumullah, Sudah Benarkah Sikap Kita terhadap Pembagian Allah, Nikmat Dunia yang Kita dapatkan Selama ini ???
❓Sudah Ridho ?

❓Atau merasa Kurang Terus ?

๐Ÿ’ญ Renungilah Berikut ini ❗


ุนู† ุฃุจูŠ ู‡ุฑูŠุฑุฉ -ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡- ู‚ุงู„ : ู‚ุงู„ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… : 《 ุงู†ุธุฑูˆุง ุฅู„ู‰ ู…ู† ู‡ูˆ ุฃุณูู„ ู…ู†ูƒู…، ูˆ ู„ุง ุชู†ุธุฑูˆุง ุฅู„ู‰ ู…ู† ู‡ูˆ ููˆู‚ูƒู…، ูู‡ูˆ ุฃุฌุฏุฑ ุฃู† ู„ุง ุชุฒุฏุฑูˆุง ู†ุนู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠูƒู… 》ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ : ูฆูคูฉู  ูˆ ู…ุณู„ู… : ูขูฉูฆูฃ

Artinya :
"Dari Abu Huroiroh -Semoga Allah Meridhoinya- berkata : Rosulullah Shollallahu Alaihi wa Sallam bersabda : (Lihatlah kepada Orang yang dibawah Kalian[harta dunianya] dan Janganlah melihat kepada Orang yang berada diatas Kalian[harta dunianya], hal itu agar Kalian TIDAK MEREMEHKAN NIKMAT ALLAH yang ada pada Kalian".
[ HR. AlBukhory : 649 dan Muslim : 2963 ]

๐Ÿ“Œ Faedah Yang Bisa Diambil dari Hadits ini :
1 Ketenangan Hati tidak bisa tercapai melainkan dengan PANDANGAN YANG BAIK(Terhadap Nikmat Allah) dan QONA'AH(Merasa Cukup dan Ridho) terhadap Pembagian Allah kepada HambaNya.

2 Nabi Shollallahu 'alaihi wa Sallam telah MEMBIMBING Umatnya ke JALAN QONA'AH dan MENGARAHKAN Mereka kearah Jalan Keridhoan.
Maka Beliau Shollallahu 'alaihi wa Sallam memerintahkan Mereka dalam urusan dunia Mereka Agar Memandang Orang Yang DIBAWAH MEREKA dan Yang LEBIH SEDIKIT BAGIAN DUNIANYA, karena Seorang Hamba Adakalanya Miskin TERNYATA Ada Yang LEBIH MISKIN LAGI dibandingkan Dirinya.

3 Adapun Pandangan terhadap KETAATAN dan PENDEKATAN kepada Allah, Maka SUDAH SEMESTINYA Hamba tersebut MEMANDANG KEPADA YANG LEBIH TINGGI DARINYA(dari sisi Ilmu Agama dan Amalnya) dan IA MEMANDANG DIRINYA SEBAGAI ORANG YANG SEDIKIT (ILMUNYA), dan HENDAKNYA IA BERAMBISI UNTUK MENDAHULUI MEREKA dan BER-SUNGGUH2 UNTUK MENYUSUL MEREKA.
Dan Allah Ta'ala berfirman :

{ ุฃูˆู„ุฆูƒ ูŠุณุฑุนูˆู† ููŠ ุงู„ุฎูŠุฑุงุช ูˆู‡ู… ู„ู‡ุง ุณุจู‚ูˆู† } ุงู„ู…ุคู…ู†ูˆู† : ูฆูก

Artinya :
"Mereka(Orang2 yang Beriman) Bersegera dalam Kebaikan dan Mereka Saling Ber-lomba2 untuk kebaikan".
[ QS.AlMu'minun : 61 ]

Dan Sungguh telah datang dalam Shohih Muslim : 5664 dari Haditsnya Abu Huroiroh Beliau berkata : Rosulullah Shollallahu 'alaihi wa Sallam bersabda :

( ุงู„ู…ุคู…ู† ุงู„ู‚ูˆูŠ ุฎูŠุฑ ูˆุฃุญุจ ุฅู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ู…ู† ุงู„ู…ุคู…ู† ุงู„ุถุนูŠู، ูˆ ููŠ ูƒู„ ุฎูŠุฑ، ุงุญุฑุต ุนู„ู‰ ู…ุง ูŠู†ูุนูƒ، ูˆุงุณุชุนู† ุจุงู„ู„ู‡، ูˆ ู„ุง ุชุนุฌุฒ )

Artinya :
"Seorang Mukmin Yang Kuat, itu Lebih Baik dan Lebih Allah Cintai dari pada Mukmin Yang Lemah. Dan pada Masing2 nya ada Kebaikan, Maka Bersemangatlah untuk mencapai Sesuatu Yang Bermanfaat Bagimu dan Meminta Tolonglah kepada Allah serta Jangan LEMAH."


▫ Wallahu A'lam bis Showฤb


___________________________________


๐Ÿ“š Tawdhihul Ahkฤm Min Bulughil Marรตm
      As Syaikh Abdullah Al Bassฤm
      Rohimahullah

๐Ÿ“† Kajian Selasa Sore Ba'dal 'Ashr
      Di Montong, Tuban


๐Ÿ“Ž Abu Ishฤq AtThubฤny


__________๐ŸŒด FIAS, Thuban ⛵________

0 komentar:

Posting Komentar

 
Loading ...